Petunjuk Mencegah Menjalani Hidup Konsumtif

Memang benar bahwa lebih mudah untuk mengatakan daripada berlatih untuk hidup sederhana. Kebanyakan orang merasa sulit untuk memahami kehidupan tanpa hal-hal seperti televisi, akses internet, dan mobil karena mereka begitu fokus pada kehidupan mereka sendiri dan harta yang mereka butuhkan untuk merasa nyaman.

Namun, ada metode untuk mempertahankan semua keunggulan ini tanpa menjalani gaya hidup konsumtif! Petunjuk berikut akan membantu Anda dalam mengambil langkah pertama menuju hidup sederhana dan bahkan dapat mendorong orang lain untuk mengikutinya.

1. Pahami keuntungan mengonsumsi lebih sedikit

Ketika Anda merasa seolah-olah Anda sudah memiliki semua yang Anda butuhkan, mungkin sudah saatnya untuk mundur dan mempertimbangkan apa yang benar-benar penting dalam hidup Anda. Hidup sederhana memiliki banyak keuntungan, termasuk lebih banyak waktu luang dan lebih sedikit stres. Penting untuk diingat bahwa anda adalah bagian dari apa pun yang anda miliki. Mungkin sudah waktunya untuk membuat beberapa penyesuaian jika harta benda Anda mengendalikan hidup Anda.

2. Buang barang yang tidak Anda butuhkan

Menghilangkan benda-benda yang tidak terpakai dari rumah Anda adalah langkah pertama untuk hidup sederhana. Anda dapat mulai memeriksa barang-barang Anda dan menghapus apa pun yang tidak Anda gunakan alih-alih berbelanja dulu.

3. Memeriksa barang yang pantas diselamatkan

Memeriksa barang yang pantas diselamatkan adalah tahap selanjutnya. Jika Anda sering menggunakan barang tersebut, mungkin yang terbaik adalah menyimpannya. Jika tidak, Anda harus membatasi pembelian produk serupa.

Jadilah inventif dengan barang bekas! Salah satu contohnya adalah mempolitur dan memanfaatkan kursi yang tampak tua daripada membuangnya.

4. Kurangi jumlah kertas yang Anda gunakan

Kabar baiknya adalah Anda dapat membuat beberapa penyesuaian kecil pada cara Anda menggunakan produk kertas. Rata-rata orang menggunakan 122 pon kertas per tahun.

Bawa tas yang dapat digunakan kembali untuk mencegah penggunaan kantong kertas atau pembungkus saat berbelanja atau makan di luar, dan daur ulang jika Anda bisa. Temukan teknik untuk menggunakan kembali barang kertas jika Anda dapat menggunakannya kembali daripada membuangnya. Misalnya, handuk kertas bekas dapat didaur ulang menjadi kain pembersih atau perlengkapan kerajinan, sedangkan koran bekas dapat didaur ulang menjadi kertas kado atau kemasan.

Anda dapat secara drastis mengurangi jumlah kertas yang Anda gunakan setiap tahun dengan membuat beberapa modifikasi sederhana untuk rutinitas sehari-hari Anda.

5. Gunakan perangkat lunak bebas biaya

Setiap hari semakin banyak orang menggunakan perangkat lunak open source. Saat ini, banyak bisnis menyediakan alternatif perangkat lunak sumber terbuka gratis untuk pesaing mereka. Anda masih memiliki opsi untuk beralih ke perangkat lunak sumber terbuka untuk menghemat uang pada perangkat keras komputer Anda. GIMP (untuk pengeditan gambar), LibreOffice (Alternatif gratis untuk Microsoft Office), dan OOoWriter atau Bluefish adalah beberapa contoh perangkat lunak open source terkenal (pengolah kata gratis).

6. Mengurangi dampak lingkungan

Anda dapat melakukan banyak hal untuk mengurangi dampak lingkungan dari tindakan Anda, seperti mendaur ulang kaca, menggunakan lebih sedikit air untuk tugas-tugas rutin, dan membeli barang-barang yang lebih ramah lingkungan.

Anda dapat membuat perbedaan, namun perubahan ini tidak akan datang dalam semalam tanpa sedikit ketekunan.

7. Bagikan kepada orang lain

Beberapa barang dapat digunakan dalam kombinasi dengan yang lain. Misalnya, ketika anak Anda lebih besar, Anda mungkin bisa memberikan mainan mereka kepada teman atau tetangga. Demikian juga, produk yang tidak terpakai dari teman atau tetangga Anda yang masih sesuai dengan kebutuhan Anda, dapat ditukar.

Waktu yang Anda habiskan bersama teman dan keluarga adalah kekayaan sejati dalam hidup, jadi mulailah hidup sederhana sekarang karena Anda sadar bagaimana menghindari menjalani gaya hidup konsumtif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *