Dasar-Dasar Instruksi HTML

Bahasa HTML digunakan untuk menafsirkan dan menampilkan halaman web oleh browser. Pemformatan teks, membuat tabel, menambahkan foto, menghubungkan halaman di situs web melalui sistem folder atau menu, dan kemampuan terkait lainnya semuanya dapat dilakukan dengan kode HTML. Kita akan berbicara tentang dasar-dasar pemrograman HTML dalam artikel ini.

Mengapa saya perlu tahu HTML?

Apa kepanjangan untuk HTML? HyperText Markup Language. Singkatnya, ini adalah bahasa yang digunakan untuk membangun halaman web. Anda dapat membuat website Anda sendiri dengan nama domain yang unik (seperti www.mywebsite.com) dan mempublikasikan secara online untuk dilihat semua orang.

HTML tidak hanya untuk web, Anda dapat menggunakannya untuk mempelajari cara membuat aplikasi web atau mempublikasikan artikel Anda sendiri. HTML dapat digunakan untuk membuat grafik sederhana, dan bahkan dapat digunakan untuk mempelajari javascript (yang memungkinkan anda melakukan hal-hal seperti membuat tombol interaktif). Web tidak akan jauh lebih bermanfaat daripada saat ini tanpa html. Dengan kata lain, belajar HTML sekarang akan menguntungkan anda di masa depan, baik untuk pekerjaan atau untuk bersenang-senang.

Menggunakan editor teks untuk mempelajari HTML

Meskipun ada beberapa editor teks gratis secara online, notepad++ adalah yang paling ramah pengguna. Jika komputer Anda menjalankan Windows, kemungkinan besar Anda sudah menginstal program ini. Kode HTML yang Anda tulis dapat dibaca (bermanfaat untuk pembelajaran) dan editor ini akan secara otomatis menyimpan apa yang telah Anda tulis jika komputer Anda mati secara tidak terduga.

Tag dasar dan penggunaannya

Tidak semua tag saat ini dibahas di sini. Meskipun belajar HTML menyediakan daftar tag yang lebih lengkap, Anda harus terlebih dahulu mempelajari penjelasan dari beberapa tag yang digunakan di bawah ini.

1. Tag heading(judul) (H1, H2, H3 )

Membaca tentang penggunaan tag heading adalah tempat yang baik untuk memulai belajar HTML. Tag Heading digunakan untuk membuat judul dan sub judul pada halaman web. Kedua tag ini secara mekanis memperbesar semua teks, seperti yang ditunjukkan pada contoh di bawah ini.

Harap dicatat : Perlu diketahui bahwa tag – pada awal setiap tag hanya untuk petunjuk dan Anda dapat menghapus tanda – di dalam Tag.

<-h1>Ini adalah judul<-/h1>

<-h2>Ini adalah sub-judul<-h2>

Judul dan sub judul masing-masing dilambangkan dengan tag H1 dan H2. Meskipun secara teknis HTML bisa memiliki beberapa tag heading pada baris yang sama, lebih baik menggunakan hanya satu tag per baris.

2. Daftar terurut (ol) dan daftar tidak berurutan (ul)

Tag yang sangat umum dalam html adalah daftar terurut. Tag ini digunakan untuk membuat daftar seperti di bawah ini :

1. Item Awal

2. Poin Kedua

3. Poin Ketiga

Anda dapat membuat daftar tidak berurutan (juga disebut daftar berpoin).

3. Tag kutipan dan Line Break (Br)

Cara yang tepat untuk membuat bagian teks tertentu menonjol dari sisa teks di halaman Anda adalah dengan meletakkannya di kotak kutipan. Anda mungkin juga ingin ada beberapa baris teks kutipan di situs web Anda. Disinilah tag pemisah baris digunakan. Kode untuk kotak kutipan adalah sebagai berikut:

<-quote>Ini kutipan saya<-/quote>

Sedangkan tag untuk memisahkan baris teks dengan baris teks lain adalah <-br/>.

4. Hyperlink: (a) dan (href)

Kegunaan situs web Anda akan meningkat secara signifikan jika tautannya berfungsi. Dengan menggunakan tautan hypertext, Anda dapat mengubah kata atau frasa tertentu di situs web Anda menjadi tautan yang dapat diklik. Anda dapat melakukan hal berikut untuk membuat tautan yang bertuliskan “Google” tetapi sebenarnya menavigasi ke halaman Google utama:

<-a href=”http://google.com”>Google<-/a>

Atau, Anda dapat menautkan langsung gambar dalam kode HTML Anda jika Anda menggunakan gambar dari situs web lain. Contoh jika Anda memiliki gambar pada server www.yoursite.com dengan nama myimage.jpg, kode Anda akan terlihat seperti ini:

<-a href=”http://www.yoursite.com/myimage.jpg”>klik di sini<-/a>

5. Font dan ukuran

Mempelajari cara mengubah tampilan teks adalah aspek penting lainnya untuk menjadi ahli HTML.

Untuk mengubah warna teks, Gunakan kode font ini:

<-font color = “blue”>Teks disini<-/font >

Untuk mengubah ukuran teks, Gunakan kode font berikut:

<-font size=”5″>Teks di sini<-/font>

Pahami lebih lanjut

Setelah Anda menguasai dasar-dasar, Anda dapat memilih dari berbagai sumber belajar online, seperti W3Schools. Jika usaha Anda untuk mempelajari HTML tidak langsung memberikan hasil, jangan meremehkan diri sendiri. Jika Anda terus belajar, suatu saat Anda akan sepenuhnya memahaminya. Selamat belajar HTML!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *